Jumat, 10 Oktober 2014

Saat Sidang Sarjana di Kenari, Gunadarma [Industrial Engineering Only]

Hello Bachelor-Engineering-To-Be,

For this time, I will tell you about my experience when "Sidang Sarjana" in Kenari, Jakarta.

Bagi yang belum tahu denah Kampu Kenari, berikut gw kasih petunjuknya.

"Kampus A (Kampus Kenari) yang beralamat di Jl. Kenari III No. 33 Jakarta Pusat".

Lebih baik lagi kalian yg mau sidang, survey ke TKP. Biar pas hari H ga nyasar dan kesiangan.



Ini nih penampakan kampusnya. Pas gw pertama kali survey kesana, agak wondering juga dengan kondisinya. Karna beda dengan kampus Gunadarma pada Umumnya. Yg ini agak nyempil kedalem dan ga ada Papan Plang yang menunjukkan kalo ini tuh kampus. :D


IMPORTANT: Wajib hadir di Kampus Kenari jam 7.00 WIB

Nah yang perlu disiapkan untuk menghadapi hari penting ini antara lain:

Dresscode, penting nih biar ga saltum.

For Female:
1. Baju Putih Lengan Panjang.
2. Rok Hitam Panjang.
3. Jika yang pakai Hijab, warnanya Harus Putih.
4. Sepatu tertutup bukan sepatu olahraga (Sepatu Pantopel aja biar rapih).

For Male:
1. Baju Putih Lengan Panjang.
2. Celana Panjang Hitam (Bukan Berbahan Jeans).
3. Rambut Pendek dan Rapih (TIDAK memakai WIG).
4. Memakai Dasi Hitam.
5. Sepatu tertutup bukan sepatu olahraga (Sepatu Pantopel aja biar rapih).

Lebih  penting lagi untuk Kelengkapan Surat yg harus dibawa yaitu:
1. Fotokopi KTP.
2. Fotokopi Ijazah SMA/SMK.
3. Form Foto yang SUDAH DIISI LENGKAP.
Jika semua dokumen dan dresscode dirasa sudah OK, pas dateng ke Kenari. Pede aja.

Acara sidang baru mulai sekitar jam 8an.
Para mahasiswa dibagi menjadi 2 bagian, yang Kompre si lantai 5 (kalo ga salah) dan yg Skripsi di lantai 2. Sekitar jam setengah 9an baru disuruh masuk ke Auditorium Lantai 2. Para mahasiswa disuruh duduk di bawah gitu. Ada sambutan dari panitia Sidang, dan Staff bagian pengambilan ijazah yang memberikan informasi mengenai langkah2 setelah Lulus Sidang Sarjana.

Ini informasi yg gw catet, semoga bermanfaat:

1. STLS bisa diambil 2 Minggu setelah tgl LULUS Sidang.
2. Untuk Ijazah Asli baru bisa diambil 3 Bulan setelah tgl LULUS Sidang.
3. Yang perlu dibawa saat mengambil STLS adalah Blangko Wisuda yg sudah LUNAS, Surat Jadwal Sidang yang mendapat 3 stempel & paraf (Stempel Bebas Keuangan,Stempel Bebas Keuangan, dan Stempel Sumbang Buku), Blangko Sumbang Buku yang sudah distempel dan diparaf oleh perpus.
4. Pengambilan STLS tidak bisa diwakilkan, karena kita harus Jap 3 Jari saat pengambilan.
5. Perhatikan Nama, Tgl, Judul Skripsi saat pengambilan. Jika ada kesalahan penulisan nama akan mengacu pada Ijazah SMA/SMK.

Sebenernya ada banyak poin2 yg disampaikan, tapi untuk posting kali ini cukup segini dulu. Lanjutnya di postingan gw yg selanjutnya aja. :D

Nah, setelah di brifing. Panitia akan membacakan nama-nama dosen pembimbing kalian satu persatu dan diinformasikan mereka ada dilantai berapa. Jadi harus didenger baik2. Pengalaman gw, pas lagi dibacain nama semua dosen dari seluruh jurusan, nama dosen pembimbing gw ga disebut namanya. Deg-degan setengah mati gw, parno sendiri. takutnya gw salah hari sidang atau dosen pembimbing gw ga terdaftar. Jadi gw sok cool aje dah..hahahaha #keepcalm

Selanjutnya Panitia sidang akan menyuruh kalian menyiapkan Kelengkapan Surat yg kalian bawa. Kalo bisa di paper klip atau disteples aja biar ga ilang. Kalian akan dipanggil satu-persatu berdasarkan Jurusan. Mereka akan menyuruh kalian mengumpulkan berkas tsb, dan mereka akan memberikan Kartu Sidang dan Surat Keputusan Sidang. Setelah dapat kartu, langsung aja kalian ke lantai dimana dosen kalian sudah berada.

Ini penampakan Kartu Sidangnya tampak depan dan belakang:
 . 

Ini penampakan Surat Keputusan Sidangnya:

Sebelum masuk keruang sidang, kalian pasti disuruh tunggu dulu di ruang tunggu. Manfaatin buat mantapin teknik presentasi dan materi presentasi lo, biar lancar pas masuk ruangan.


Pas masuk ruang sidang, serahkan Kartu Sidang ke dosen pembimbing dan dosen penguji, bagikan softcover-softcover skripsi ke dosen-dosen penguji, siapkan laptop, slide presentasi, dan peralatan lain (kalau diperlukan). Setelah itu, silakan dimulai untuk presentasi skripsinya. Diawal biasanya dosen akan bilang kalian boleh presentasi selama berapa menit. Kalo pas gw, waktu yg mereka berikan hanya 10 menit. Kalo mereka sudah bilang begitu, lebih baik lo jgn lebih dari waktu yg telah diberikan daripada saat lo presentasi kelamaan dan suruh langsung tanya jawab. Ga enak banget kan? :D

Setelah selesai presentasi, dosen-dosen mulai memberi komentar dan bertanya untuk menguji. Ada pula dosen yang memberi revisi skripsi. Setelah selesai, sebelum keluar ruang sidang, masing-masing dari dosen-dosen penguji mengembalikan softcover skripsi dan memberikan kertas revisi. Walaupun ada dosen penguji yang tidak memberikan revisi, tapi beliau tetap memberikan kertasnya ke mahasiswa (hanya diparaf).

Setelah keluar dari ruang sidang, pasti lega banget kan perasaanya? so pastiii..

Kalo dari segi ruangan ga jauh beda besar ruangannya sama sidang PI di Depok. Yang ngebedainnya cuman atmosfernya aja "Sidang Skripsi", yang jadi momok menakutkan karna hasil kerja keras lo kuliah 4 tahun (atau lebih) di kampus dipertaruhkan di hari ini. :)

Nah, setelah sidang lo bisa dah santai-santai plus refreshing perut. Secara nunggu sidang dari pagi, sebelum sidang aja perut gw dah dangdutan saking lapernya..hehehe

THE RESULT ARE:

Sekitar jam 14.00-14.30 hasil sidang baru akan dideklarasikan. Para mahasiswa disuruh menunggu di lobby lantai dasar untuk menunggu namanya dibacakan satu-persatu. Jika nama lo dipanggil silakan menuju ke Auditorium Lantai 2. Kalian akan dibariskan sesuai gender ketika di auditorium itu, perempuan di depan, laki-laki di bagian belakang. Setelah panitia sidang melakukan sambutan dan menginfomasikan tentang program pasca sarjana yg ada di Gunadarma dan mengingatkan mahasiswa yang telah sidang untuk mengupload jurnal dan presentasi sidang bagi yang lulus sidang jalur skripsi.

Panitia menginformasikan ada 3 kategori dalam hasil sidang yaitu:

1. Tidak Lulus, kalian harus daftar ulang ke loket sidang (D41 No.13-16), untuk mendapatkan jadwal sidang ulang dan dikenakan denda sebesar Rp. 60.000. Berkas-berkas yang harus dibawa:
* Surat Jadwal Sidang.
* Fotocopy Surat Pengecekan Uang Kuliah (Surat Bebas Keuangan) plus biodata dihalaman belakang.
* Foto ukuran 2x3 sebanyak 1 lembar.
* Blangko merah denda yang sudah dibayarkan.
2.  Lulus Bersayarat, sebelum sidang ulang, urus terlebih dahulu ke loket sidang (D41 No.13-16) untuk mengambil surat pengantar sidang ulang untuk dosen penguji. Waktu pengambilan mulai hari Senin siang sampai hari Rabu sore (jika tidak dilakukan, maka akan menjadi tidak lulus).

3 Lulus, prosedurnya setelah keluar dari Auditorium langsung disuruh ambil blangko wisuda yang masih kosong. Berikut penampakannya.

Maka selanjutnya adalah para mahasiswa dibacakan namanya satu persatu untuk dibagi menjadi 3 kelompok. Setelah itu, dipanggil nama-nama mahasiswa yang sidang (setelah dipanggil namanya, mahasiswa harus menjawab hadir / ada), lalu diberitahu lulus / lulus bersyarat / tidak lulus. Mahasiswa yang sudah dipanggil dan diberitahu lulus, bisa langsung keluar ruangan untuk mengambil blangko wisuda.

Hasil sidang untuk skripsi ada 2, yaitu lulus atau tudak lulus. Sedangkan, hasil sidang untuk kompre ada 3, yaitu lulus, lulus bersyarat (tidak lulus satu mata kuliah), atau tidak lulus.

Tapi karna Teknik Industri tidak ada Kompre, jadi opsinya cuman 2 yaitu Lulus atau Tidak Lulus. Tapi gw yakin banget, dosen Teknik Industri baik-baik bangeetttt, ga mungkin mereka bikin tidak lulus mahasiswanya. :)

RESUME:
 Jadi, urutan kegiatan di hari H sidang sarjana UG:
1. Sekitar jam 7.00, sesi foto (bagi yang belum upload foto).
2. Sekitar jam 8.00, pengarahan (briefing) di lantai Auditorium Lantai 2.
3. Menuju ruang sidang, sesuai lantai yang ditentukan ketika briefing.
4. Lapor diri untuk sidang dengan nama dosen pembimbing masing-masing di lantai tersebut.
5. Sidang berlangsung.
6. Sekitar jam 14.30, hasil sidang diumumkan.

Sekian pengalaman yang bisa gw informasikan. Semoga bermanfaat!

Eh iya sebelumnya,gw kasih nih ekspresi orang yg hasil sidangnya LULUS,hahahahahaha :D

Good Luck Guys,

Cheers,
With Love,




Varinalicious.


4 comments:

Mifta mengatakan...

makasih kak postingannya... sangat membantu.. duh deg deg kan :p

Bayu mengatakan...

Kak, berarti kita bikin lagi form foto yang udah ditempel foto? Atau form foto yang udah kita taro di loket 13 - 16 pas daftar sidang dikembaliin lagi ke kita?

Unknown mengatakan...

Presentasi slide sidang pake ohp atau proyektor kak?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar