Jumat, 13 September 2013

Saya Termasuk Golongan Otak Kiri atau Kanan, Yah?

Tadi gw lagi iseng2 buka track record pembaca, dan gw dapet informasi yang menarik nih..hehehe dari semua postingan di blog ini postingan yang paling banyak dibaca sama kalian cuman postingan tugas2 gw doank. Ga heran deh yah gw, cz pasti buat contekan tugas kuliah kalian kan? *pede..hahaha

Nah kali ini gw bakal posting tentang Ilmu Psikologi, emang sih gw bukan pakar dalam bidang ini. Tapi gw demen aja baca-baca tentang tes kepribadian, tentang cara membaca karakter lwat wajah, atau membaca karakter lewat tulisan tangan..hahahaha Ga salah jurusan juga sih gw ngambil Teknik Industri, gw emang minat sma bidang itu. Psikologi buat sampingan aja koq..hehehe

Kemaren pas lagi ke toko buku gw nemu buku bagus, judulnya "Who Am I?". Isinya tentang tanya jawab tentang psikologi gtu deh.. Nah biar kalian pada paham apa yg gw maksud, langsung gw kasih pertanyaan2nya deh.. Check This Out.. :)

Cara jawabnya pilih pernyataan yang paling cocok dan sesuai dengan diri kita. Coba tandai, lalu hitung jumlahnya!

Golongan A:

1. Saya dapat berpikir secara berurutan, mampu mengingat penjelasan dan mengingat detail.
2. Saya mampu menghasilkan sesuatu dengan matang dan terstruktur.
3. Bagi saya, prestasi akademik (rangking dan nilai IPK) adalah hal yang penting dan harus diperjuangkan.
4. Saya mampu berpikir analitis, berdasarkan fakta, tajam dan jelas.
5. Saya melakukan pekerjaan dengan serius dan cermat.
6. Saya sering membuat rencana dan perhitungan matang sebelum melakukan sesuatu.
7. Saya suka kedisiplinan dan terkadang membuat peraturan untuk diri sendiri.
8. Saya mampu menghafal dengan baik dalam kata-kata dan penjelasan.
9. Saya agak tertutup dan kurang suka berinteraksi dengan oranglain.
10. Saya menyukai sesuatu yang teratur, terpola dan baku.
11. Saya menyukai angka, hitungan, dan sesuatu yang berhubungan dengan logika.

TOTAL NILAI: ____

Golongan B:

1. Mampu mencari jalan keluar dengan cara yang baru dan mencari ide kreatif.
2. tertarik belajar sesuatu hal yang baru dan unik.
3. Menyukai warna, gambar dan musik.
4. Suka berkhayal dan berimajinasi.
5. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
6. Entrepreneur yang sukses meskipun tidak sekolah tinggi.
7. Bersifat terbuka, suka bergaul dengan semua orang, humoris dan lucu.
8. Menyukai petualangan, tantangan, suka kebebasan, dan tidak mau terikat.
9. Tidak suka pada rumus, hitungan dan logika yang terlalu banyak.
10. Dapat berpikir secara tidak berurutan, kreatif dan menyebar.
11. Suka melakukan pekerjaan dengan cara sendiri dan membuat cara baru yang nyaman.

TOTAL NILAI: ____


Bila jumlah jawaban pada Golongan A lebih banyak, dominan menggunakan otak Kiri.
Belahan otak kiri berhubungan dengan logika, analisis, bahasa, rangkaian dan matematika. Otak kiri biasanya diidentikan dengan kecerdasan analitis. Jadi belahan otak kiri kita berhubungan dengan hal-hal yang kuantitatif, berfikir teoritis, imtelektual, logis, linier dan rasional. Cara kerja otak kiri sangat rapi, terstruktur dan sistematis. Otakkiri diperlukan untuk memahami hal-hal yang kompleks dan perlu pemikiran untuk yang mendetail. Orang yang biasanay lebih mengandalkan otak kiri adalahseorang peneliti atau ilmuwan. Otak kiri adalah otak yang memiliki daya ingat singkat memuat ingatan yang logis.

Bila jumlah jawaban pada Golongan B lebih banyak, dominan menggunakan otak Kanan.
Belahan otak kanan berkaitan dengan ritme, kreativitas, dan warna (visual), imajinasi, dimensi, ide, gairah, keberanian, emosi dan seni. Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Contoh orang yang mengandalkan otak kanannya adalah seniman. Otak kanan adalah otak yang mampu memuat ingatan secara image. Artinya daya ingat otak lebih lama dibandingkan otak kiri.

Nah itu dia tes kepribadian kita kali ini, nah kalian termasuk yang sering menggunakan otak kanan atau otak kiri??

#varinalicious#

0 comments:

Posting Komentar