Sabtu, 07 Desember 2013

How to Upload "Penulisan Ilmiah" DOCUMENTS? [industrial engineering only]

Halo, Varinalicious, ini adalah lanjutan dari postingan gw yg judulnya How to Upload "Penulisan Ilmiah" Slide? [industrial engineering only]. Postingan ini tertunda karena gw harus menunggu dan menanti tanda tangan di lembar pengesahan Hard Cover PI gw.

Hal pertama yang gw lakukan setelah sidang dan upload slide adalah ngejilid hard cover gw. Kalo ada catatan dari dosen penguji untuk merevisi PI lo yah lo harus revisi dulu, jangan di hard cover dulu sebelum ada ACC dari dosen yang ditunjuk untuk konsultasi revisian. Kalau dah ACC baru lo bisa hard cover deh.

Jumlah hard cover ga ada ketentuannya, boleh bikin 2 Bendel. 1 bendel Untuk dosen penguji dan 1 bendel buat lo (buat kenang-kenangan) :D Untuk PI yg studi S1, perpustakaan ga minta hard cover koq.

Nah setelah hard cover jadi, langsung deh hunting tanda tangan ke sekjur di depok. Berikut ini adalah contoh lembar pengesahan gw.



yang pertama harus diminta tanda tangan itu yah pembimbing PI lo. Setelah pembimbing membubuhkan sepucuk tanda tangan, yang pasti sulit didapet kalo dosen pembimbingnya sibuk. Butuh perjuangan lebih pastinya..hehehe *curcol.


NEXT CHAPTER,

Setelah itu ke loket PI di kampus D depok, kalo ga salah loketnya nomor 10. Kalo ga salah berarti bener kan? :D  Nah, yang harus diserahin itu bukti barcode upload slide yang udah di stempel sama perpustakaan, sama surat revisi yang udah ditanda tangan sma dosen penguji (pastinya yang udah ditanda tangan sama dosen penguji yg di tunjuk untuk koordinator revisian). Penampakannya kaya dibawah ini buat minta tanda tangan koordinator PI di depok.

 

Kan total dah dapet 2 tanda tangan kan? dosen pembimbing sma koordinator PI. Nah ini nih proses yang lama, yaitu minta tanda tangan KaJur sama stempel jurusan. Kudu semedi dulu tuh hardcover PI di sekjur selama berminggu-minggu. Yah kalo lagi mujur sih seminggu juga dah ditanda tangan sama sekjurnya.

Sama jangan lupa buat ngumpulin CD yang isinya semua softcopy PI lo dalam bentuk PDF. Kasihnya ke sekertaris jurusan ya. Kalo dah semua lembar pengesahan dan dibubuhi oleh tanda tangan artis-artis kampus yang beken-beken itu saatnya kita upload softcopy PI. :)

Jadi yg ditaro di Sekjur buat minta tanda tangan Bu Rahma (KaJur) itu = Hard Cover + CD (jangan lupa).

NEXT CHAPTER,

Nah ini dia proses yang ditunggu-tunggu, yaitu ngupload slide. Sebelum ngupload slide pastikan seluruh data yang mau diupload bertipe .PDF. Berikut ini adalah data yang perlu disiapkan sebelum ngupload slide.


Ini step by step buat ngupload softcopy PI:
1. Convert file-file PI lo yg masih format .DOC ke format .PDF
2. Login ke Studensite lo, isi username dan password-nya.

3. Setelah itu pada menu layanan studensite pilih "Deposit Library"

4. Maka tampilan yang akan keluar seperti tampilan dibawah ini, kemudian pilih "Upload Penulisan Ilimah"

5. Setelah masuk kedalam menu Upload Penulisan Ilmiah, Maka pilih "Upload Penulisan Anda" yang terdapat pada bagian atas. Ditampilan dibawah ini sudah ada data yang pernah diupload yaitu Slide Presentasi.

6. Selanjutnya akan tampil "Form Pengisian Data Deposit System". Nama, NPM, Fakultas, Jurusan akan otomatis muncul dengan sendirinya. Isi form tersebut dengan lengkap, pada tgl pelaksanaan sidang, isi dengan tgl sidang lo, dan untuk tgl penyerahan berkas isi dengan tgl pada saat lo melakukan upload penulisan. Jenis penulisan jangan lupa dipilih "Penulisan Ilmiah Jenjang Setara Sarjana Muda", dan lokasi penyerahan penulisan isi dengan kampus yg deket dari rumah lo. Untuk perhatian nih, temen gw ada yg salah isi pilih kampus depok padahal lbh dkt kalimalang. Untuk kasus ini pastikan dulu sudah dipilih "Kalimalang (Kampus J)". Langsung aja deh liat penampakan outputnya.


7. Setelah form terisi semua, pilih "Lanjutkan Langkah 2" yg terletak dipojok kanan bawah.

8. Kemudian Upload File softcopy PI kalian, dengan mengklik "Select Files" di pojok kanan bawah.
  


9. Jika sudah diupload semua filenya, jangan lupa untuk mendefinisikan semua file yang telah di upload. Jika sudah di definisikan, maka klik "Kirim Penulisan" dibagian pojok kanan bawah.


NEXT CHAPTER,

Setelah semua prosedur itu dilakukan, maka selanjutnya dateng ke Perpustakaan yang sudah dipilih sebelumnya sambil bawa Hard Cover PI lo buat dicek apa yg udh lo upload. Jika udah OKE, maka pihak perpustakaan akan nyuruh kita buat sumbang buku. Dikasih dua pilihan, mau beli buku diluar dengan harga Rp.35.000 atau bayar blangko senilai Rp.30.000 (waktu tahun 2013 ini, bisa saja terjadi kenaikan tiap tahunnya, hehe) ke bank DKI. Terserah kalian mau pilih yang mana, pada dasarnya sama saja koq. Jika udh ngasih buku atau bayar blangko, maka surat daftar sidang kita akan di stempel dan ditanda tangan, yang menerangkan kita dah sumbang buku.

Maka selanjutnya silakan ambil Sertifikat PI lo di loket pengambilan sertifikat di Kampus D, Margonda Depok.

~THE END~

Semoga bermanfaat bagi kalian.

feel free to contact me if you need other article : @varinalarasati

With Love,

 
Varinalicious 

1 comments:

Unknown mengatakan...

kak kalo ga ada pilihan select file untuk upload nya bagaimana ? :'(

Posting Komentar