Selasa, 10 September 2013

How to Upload "Penulisan Ilmiah" Slide? [Industrial Engineering Only]

Nih postingan gw dedikasikan buat Mahasiswa yang sudah menyelesaikan Sidang Penulisan Ilmiah, sebuah universitas swasta sebut saja Gunadarma University. :D

Awalnya kepikiran bikin nih posting karna gw bingung, sidang Penulisan Ilmiah a.k.a. PI udah gw kelarin. Trus what next? biar sertifikat setara sarjana muda bisa keluar? gw dah tanya2 sama yg udah duluan jalanin masa-masa ini, dan jawabannya sedikit, agak, little membingungkan dan simpang siur. :D

yang jadi pertanyaan, kenapa dari kampus ga nyedian buku atau apalah itu yg isinya ttg FAQ, Rules, Format, dsb yang ngejabarin aturan main dalam PI itu sendiri pada saat memasuki semester 6? Biar ga jadi kesimpang siuran informasi gini. So, jadi harus kudu aktif nanya2 ke senior gtu. Atau gw nya aja yah yg gatau klo pihak kampus udah bikin FAQ bgtu. :D whateverlah.

langsung aja deh nih ye, keburu bubar nih penontonnya.

gambar diatas ini adalah Surat Daftar Sidang PI, mungkin yg belum liat ini nih penampakannya..

NEXT CHAPTER,

Setelah lo kelar sidang, dah rasanya pasti luueeggaaa bener dah. Lo bakal dapet surat kaya gini nih, namanya Catatan Perbaikan Dosen Penguji Penulisan Ilmiah. Kalo ada revisi bakal ditulis disitu catatan perbaikannya apa aja. Kebetulan yg gw posting ini ga ada revisi. :D

Kalo ada catatan dari dosen penguji untuk merevisi PI lo yah lo harus revisi dulu, jangan di hard cover dulu sebelum ada ACC dari dosen yang ditunjuk untuk konsultasi revisian. Kalau dah ACC baru lo bisa hard cover deh.

Jumlah hard cover ga ada ketentuannya, boleh bikin 2 Bendel. 1 bendel Untuk dosen penguji dan 1 bendel buat lo (buat kenang-kenangan) :D Untuk PI yg studi S1, perpustakaan ga minta hard cover koq.

NEXT CHAPTER,

Sesuai dengan judul postingan ini, Bagaimana cara upload Slide Presentasi ke Studensite?
1. Convert Slide Presentasi lo yg masih format .PPT ke format .PDF
2. Login ke Studensite lo, isi username dan password-nya.


3. Setelah itu pada menu layanan studensite pilih "Deposit Library"

 4. Maka tampilan yang akan keluar seperti tampilan dibawah ini, kemudian pilih "Upload Penulisan Ilimah"

5. Setelah masuk kedalam menu Upload Penulisan Ilmiah, Maka pilih "Upload Penulisan Anda" yang terdapat pada pojok kiri bawah.

6. Selanjutnya akan tampil "Form Pengisian Data Deposit System". Nama, NPM, Fakultas, Jurusan akan otomatis muncul dengan sendirinya. Isi form tersebut dengan lengkap, udah gw tandain dengan warna kuning yg harus diisi. Pada tgl pelaksanaan sidang, isi dengan tgl sidang lo, dan untuk tgl penyerahan berkas isi dengan tgl pada saat lo melakukan upload penulisan. Jenis penulisan jangan lupa dipilih "Slide Presentasi Sidang", dan lokasi penyerahan penulisan isi dengan kampus yg deket dari rumah lo. Untuk perhatian nih, temen gw ada yg salah isi pilih kampus depok padahal lbh dkt kalimalang. Untuk kasus ini pastikan dulu sudah dipilih "Kalimalang (Kampus J)". Langsung aja deh liat penampakan outputnya.
 

7. Setelah form terisi semua, pilih "Lanjutkan Langkah 2" yg terletak dipojok kanan bawah.

8. Kemudian Upload File sidang presentasi lo. File presentasi yang sudah dalam bentuk PDF, tidak boleh lebih dari 2MB. Jika lebih dari ukuran tersebut, maka kemungkinannya adalah tidak dapat dilihat oleh petugas perpustakaan untuk di verifikasi. Upload telah selesai dilakukan.

9. Untuk lanjut ke langkah selanjutnya, studensite akan meminta kita untuk mendefinisikan file tersebut. Definisikan dengan “Dokumen Presentasi” 

10. Jika sudah melakukan proses upload tersebut, akan muncul judul penulisan dan masih berwarna pink. File tersebut belum didefinisikan dan belum di verifikasi oleh petugas perpustakaan. Gambar dibawah ini sudah berubah menjadi hijau karena sudah diverifikasi. Kemudian klik "Cetak Bukti Presentasi" untuk mencetak bukti upload.

11. Maka tampilan yg akan diprint adalah berbentuk barcode seperti gambar dibawah ini.

12. Untuk memperoleh verifikasi, lapor kepada petugas perpustakaan di Kampus J dilantai 3. Jangan lupa bawa bukti presentasi yang sudah dicetak. Petugas perpustakaan akan memeriksa file yang sudah kita upload dan akan melakukan verifikasi, serta mendefinisikan penulisan yang sudah kita upload.

13.Simpan bukti presentasi yg sudah di cap dan ditanda tangani oleh petugas perpustakaan untuk proses selanjutnya, yaitu melengkapi tanda tangan pada bagian depan lembar pengesahan hard cover PI. Berikut ini adalah alur dalam peng-uploadan slide.


NEXT CHAPTER,

Kalau pada pembahasan diatas sudah dibahas tentang upload slide presentasi PI, maka selanjutnya adalah cara upload dokumen2 PI lainnya untuk menyelesaikan tahapan mendapatkan sertifikat setara sarjana muda. ayeeeyyy.

Nah, klo udah upload slide, tahap selanjutnya dalah upload penulisan PI.
Let's gooo..

You can see the next chapter in How To Upload Penulisan Ilmiah (PI)...


See you there!
With Love,

 
Varinalicious 

0 comments:

Posting Komentar