Minggu, 07 Oktober 2012

Lulusan Teknik Industri Kerja Apa?

Sedikit sharing  aja sih, buat semuanya yang mungkin masih gak kepikiran atau bingung sebenernya seorang lulusan Teknik Industri itu kerja nya nanti apa dan bakal jadi apa. dari beberapa sumber yang saya ketahui, profesi teknik industri punya kompetensi-kompetensi yang sangat bagus,

1. Work Design and Measurement.
Teknik mengukur performa kerja supaya standar waktu kerja dapat ditentukan. Dengan begitu, jadwal kerja harian dapat dirancang dari jadwal produksi total (jangka panjang). Di bidang ini juga digunakan Predetermined Time Systems.

2. Plant Location and layout.
Kemampuan tata letak dan lokasi pabrik, meliputi mengumpulkan, melakukan kompilasi, dan mengevaluasi data yang diperlukan untuk membuat keputusan lokasi terbaik untuk pabrik.

3. Engineering Economy.
Kemampuan mengimplementasikan sisi ekonomi dalam engineering. Sesuai yang diajarkan oleh Henry Towne.

4. Production Planning and Inventory Control.
Kemampuan mengeset level keseluruhan output manufaktur untuk mendapatkan rating produksi yang bisa meraih target perusahaan dan menjaga production force tetap stabil.

5. Statistical Quality Control.
Kemampuan mendata output kerja secara statistik.

6. Linear Programming.
Kemampuan menyederhanakan langkah kerja dan juga menyusun sistem kerja yang linear sehingga mempermudah produksi.

7. Operations Research.
Kemampuan untuk survei dan riset mengenai sistem operasi yang baik dan efisien.Dengan keahliannya, profesi-profesi yang tersedia bagi seorang sarjana teknik industri di antaranya:
a)  Sebagai seorang Konsultan.
b) Sebagai seorang Supervisor.
c) Sebagai seorang Manager.

Pada intinya adalah bahwa seorang lulusan Teknik Industri harus punya :
Basic Knowledge : ini terdiri dari Matematika, Pengetahuan menganalisa suatu kejadian/fenomena, ilmu tentang Teknik Industri, pengetahuan tentang bagaimana cara berorganisasi dengan baik, harus sistemic dan intergrated.

(sumber : http://edukasi.kompasiana.com )

0 comments:

Posting Komentar